Pedang Baru Dakwah Islam SMAN 1 Surabaya

Jumat, 09 Desember 2011

Sebuah tanaman pasti akan berganti daun. Daun yang sudah tua pasti akan jatuh ke tanah dan akan tumbuh daun-daun baru. Tidak mungkin satu daun akan bertahan selamanya, pasti suatu saat akan jatuh juga ke atas tanah. Hal itu sama halnya dalam sebuah organisasi. Suatu saat pasti ada saatnya dimana akan diadakannya perpindahan periode kepanitiaan.

Hari ini, tanggal 9 November 2011, bertepatan pada hari Jumat. Dalam Islam, hari Jumat merupakan hari yang spesial dan penuh berkah. Kepanitiaan SKI memanfaatkan keistimewaan hari Jumat ini dengan mengadakan sertijab (serah terima jabatan), yaitu pergantian daun lama (panitia SKI periode 2010-2011) yang digantikan oleh daun yang baru. Dengan satu maksud juga yaitu agar kepanitiaan baru periode 2011-2012 akan terus membawakan berkah kepada mereka sendiri, masyarakat, sekolah, dan kepada seluruh manusia.

Prosesi ini diadakan di masjid An-Nur SMAN 1 Surabaya dan dimulai sekitar pukul 11.45. Memang prosesi ini sedikit terlambat dimulai, karena sebelumnya para siswa-siswi masih mengikuti UAS, Ujian Akhir Sekolah, dan baru berakhir pukul 11.30. Tetapi tidaklah sulit untuk mengumpulkan seluruh panitia, karena sudah diberitahukan sebelumnya untuk datang pada hari ini mengikuti prosesi sertijab ini.

Prosesi sertijab ini dihadiri oleh kepanitiaan SKI kelas 12, kelas 11, dan kelas 10 dan didampingi oleh pembina SKI, Drs. H. Imam Hidayat, dan juga wakasek Kesiswaan, Drs. Roedy Poerwanto. Kegiatan ini berlangsung sangat lancar dipandu oleh sang Moderator acara.

Sebelumnya, kepanitiaan SKI kelas 12 telah membentuk tim nadhoc atau tim sukses SKI periode 2010-2011. Tim yang terdiri dari 8 orang panitia kelas 12 ini adalah tim yang memberikan kreatifitas, inovasi, dan perubahan demi kemajuan SKI SMAN 1 Surabaya. Salah satu contoh kinerja tim ini adalah dengan merubah divisi Kampus dan Siput yang sebelumnya kurang aktif menjadi divisi Sakura dan Samurai. Tujuan dari divisi ini tetaplah sama, tetapi sistemnya yang sedikit berubah. Dan Alhamdulillah perubahan ini berjalan lancar dan divisi ini kembali bergerak.

Tim nadhoc inilah yang memilih siapa nominasi sebagai BPH (Badan Pengurus Harian) baru SKI dan memilih siapa yang akan menjadi pemimpin pada SKI Smasa. Nominasi tidak hanyalah melalui pungutan suara, tetapi juga musyawarah dengan menyeleksi para nominasi berdasarkan standar-standar kepemimpinan. Setelah diadakan musyawarah selama satu setengah jam, telah ditetapkan BPH SKI 2011-2012 yang baru diketuai oleh ananda Febri Ramadhani Soegito.

Ananda Febri terpilih menjadi ketua baru didampingi oleh ananda Dio Tri. Mereka terpilih sebagai pemimpin karena kemampuan mereka dan kepemimpinan mereka yang ciamik soro. Mereka juga terpilih karena diyakinkan dapat membawa SKI ini menjadi lebih maju. Ananda Ratih terpilih menjadi Sekretaris Umum dan Putri Novita menjadi Bendahara Umum. Selamat untuk para pemimpin baru.

Febri, ketua baru SKI, juga diberi kesempatan untuk memberi sambutan sebagai ketua baru. Dia memberi statement yang menunjukkan bahwa jabatan ketua yang ia sandang hanyalah berlaku di atas kertas. Statement ini sempat membuat pembina SKI kebingungan. Tetapi dia menjelaskan maksudnya, yaitu jabatan ketua hanyalah sebagai tulisan, dia bukanlah bos atau pemimpin yang mengatur segalanya, tetapi dia juga adalah anggota SKI yang harus aktif dan bekerja sama halnya anggota-anggota lainnya.

Selamat untuk kepanitiaan SKI baru. Semoga kalian bisa terus memajukan SKI Smasa dan memberi inovasi dan kreativitas yang bisa berguna bagi sekolah, bangsa, dan negara. Amin Ya Rabbal Al Amin.

Tetap semangat Feb, senyum adalah ibadah.

0 komentar:

Posting Komentar