Pembekalan SKI Baru Tahun Ajaran 2011-2012

Jumat, 29 Juli 2011

Assalamu 'alaikum warahtmatullahi wabarakatuh

Alhamulillahi rabbil alamin
Washolatu wassalamu alaa asrofil anbiyai wal mursalin
Wa alaa alihi washohbihi ajma'in

Alhamdulillahi rabbil alamin,, satu kegiatan telah dituntaskan lagi pada hari ini. Mari kita panjatkan puja dan puji syukur ke hadirat Allah SWT, karena berkat rahmat, hidayah, dan inayah yang telah diberikan oleh-Nya, panitia SKI One Smasa dapat menyelesaikan acara Pembekalan SKI Baru Tahun Ajaran 2011-2012.

Pembekalan ini mempunyai tujuan untuk memberi pembekalan untuk para calon panitia SKI baru, sehingga mereka sudah mempunyai bekal untuk menjalankan SKI pada masa mereka.. Ndak cuma itu, acara ini juga bertujuan untuk mengikatkan ukhuwah Islamiyah dan mempererat tali persaudaraan antar panitia SKI. Acara ini juga menjadi sarana untuk mengenal antar panitia SKI dan mengenal antar panitia-panitia baru dari kelas 10 dan 11 yang baru saja melewati seleksi. Selain itu, acara ini diadakan sebagai sarana belajar di luar waktu sekolah dengan cara melakukan permainan yang memiliki hikmah tersendiri di dalamnya. Let's see how's it done..

Acara ini dimulai setelah sholat Jumat sekitar pukul 13.00. Dimulai dengan pembukaan dari MC dari panitia SKI kelas 12. Lalu para peserta dibagi menjadi dua tim akhwat dan ikhwan dengan nama kelompok hewan- berikut:

Untuk Ikhwan

 Untuk Akhwad


Tanpa terasa mereka langsung menjalani game pertama, PENCARIAN TIM. Bukan dengan cara biasa, melainkan dengan menggunakan suara-suara hewan sesuai dengan kelompok mereka. Mooo.. Mbeeekk.. Kwek kweekk.. Kokok petok.. Kayak bonbin ajaa..

Game kedua yaitu GAME PERKENALAN.. Keempat tim harus mengenal anggota-anggota mereka masing-masing. Yang harus mereka tau adalah Nama Lengkap, Asal SMP, dan ....... Nomer sepatu (?????). Dengan waktu yang singkat, ilmu menghapal pun harus diterapkan, peserta yang ditunjuk untuk menyebutkan nama anggota tim mereka sendiri dan tak bisa menjawab akan diberi hukuman, biasalahhh.. NYANYII.. Sebuah keajaiban terjadi dari tim Sapi, mereka yang bersolidaritas tinggi tidak ingin anggotanya sendiri mengikuti hukuman, sehingga satu tim pun ikut menjalani hukuman..

POSTS

Pos 1
Dua permainan yang dilakukan di pos ini adalah permainan tali dan logika korek api. Tema dari pos ini adalah memecahkan masalah meskipun dalam keadaan terdesak. Saat dihadapi dengan ikatan tali yang 'dikira' tak bisa lepas dan diberi masalah berupa teka-teki yang mudah tetapi menjebak, kebanyakan orang akan menyerah untuk segera mengetahui penyelesaiannya dan meneriakkan satu huruf dengan sempurna, "Ooooooo....".
Permainan tali: Peserta diikat di kedua tangannya, berpasangan dan disilangkan talinya. Bagaimana cara membebaskan diri dari ikatan itu tanpa harus melepas ikatan atau memotong tali? Jawabannya adalah, ya dicoba. Actually it's simple and EZ.
Logika korek api: Peserta diberi teka-teki berupa bentuk:
II + VII = XXIII
Pertanyaannya adalah bagaimana bentuk itu bisa diubah menjadi operasi matematika yang benar dengan hanya memindahkan satu batang korek api dan tidak menggunakan tanda "tidak sama dengan"? Can ya do it? EZ.. Pindah aja satu batang terakhir secara horizontal ke atas bentuk 'II', jadi apa? yuppp.. Tandanya jadi simbol phi. Dua dua per tujuh kali tujuh sama dengan dua dua.. Dapet?

Pos 2
Di pos ini peserta akan berfikir lebih benyak mengenai kata-kata, karena sesuai dengan permainan yang digelar di pos ini. Permainannya adalah Komuni-kata dan "Mocam Macem Macem" (Opo iku?), interested don'cha?
Komuni-kata: Pernah denger permainan ini? Belom? kasiaannn.. disini kita kasih tau.. Beda dengan komuni-kata yang biasanya membisikkan serangkaian kata kepada orang lainnya, tetapi ini memeragakan apa yang termasuk dalam daftar yang disediakan.. Ada sekitar 100 benda yang disediakan panitia, dan pemenangnya adalah yang paling banyak menjawab dengan benar dalam jangka waktu tertentu.
Mocam-macem-macem: Aneh ya namanya? iya emang.. Gamenya yaitu banyak-banyakan (yang banyak menang, geto maksudne) menulis benda yang termasuk dalam kategori yang disediakan panitia, kali ini bidang transportasi. Sebutin aja semuanya: bis, sepeda, motor, mobil, fixie, perahu, pesawat, sepatu, skateboard, dll. ahahaha

Game terakhir yaituu.... Ndak ada, cuma itu aja gamenya

Terakhir yaitu penutupan yang langsung disampaikan oleh sang ketua SKI Smasa tahun ajaran 2010-2011, Rio Sandi Sadewa. Sembari mendengarkan penutupan dan hikmah dari acara serta permainan pada hari ini, peserta disuguhi berbagai macam, beraneka macam, dan beraneka ragam jajanan. Enak lho, dan ini mungkin yang paling ditunggu.. Setelah itu mereka harus mengisi kesan & pesan serta mengisi daftar absen. Setelah itu, sholat ashar teros pulang, moleh, atau kembali ke rumah masing-masing kecuali yang ada acara lagi..

0 komentar:

Posting Komentar